Penelitian Tindakan Kelas
Untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas
diperlukan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan yang
berkualitas, diharapkan peserta didik menjadi subjek yang semakin
berperan menampilkan potensi dan keunggulan dirinya yang kreatif,
mandiri dan profesional pada bidangnya masing-masing.
Peningkatan prestasi
belajar siswa akan dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran dikelas.
Perkembangan model pembelajaran terus mengalami perubahan. Metode pembelajaran
tradisional yang masih terpusat pada guru sekarang mulai ditinggalkan berganti
dengan model pembelajaran modern sejalan dengan
pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, salah satu model
pembelajaran yang sekarang banyak mendapat respon adalah model pembelajaran
kooperatif atau (Cooperative Learning)
. Suatu metode dikatakan efektif apabila
prestasi belajar yang diinginkan dapat dicapai dengan menggunakan metode
yang tepat artinya dengan menggunakan metode tertentu dapat
menghasilkan prestasi belajar yang baik. Hasil pembelajaran
yang baik harus menyeluruh artinya bukan hanya penguasaan aspek
pengetahuan
(kognitif) tetapi juga tampak dalam perubahan sikap dan tingkah laku.
Perubahan
ini harus dapat dilihat dan diamati , bersifat khusus dan operasional
dalam arti
mudah diukur. Untuk memecahkan masalah yang terjadi selama proses
pembelajaran dan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar hasilnya
(prestasi) siswa lebih baik kita bisa melakukan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).
1. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian Tindakan (Action Research) adalah penelitian yang menekankan kepada kegiatan (tindakan) dengan mengujicobakan suatu ide kedalam praktek atau nyata dalam skala (mikro) yang diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas Pelaksanaan Belajar Mengajar (PBM). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistic sehingga pelaksanaan penelitian ini diharapkan berjalan secara alamiah. Hal ini diterapkan oleh peneliti agar data yang diperoleh benar-benar merupakan implementasi dari keadaan yang sebenarnya selama penelitian berlangsung.
2. Proposal Penelitian Tindakan Kelas
Sebelum kita melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kita harus membuat proposal terlebih dahulu yang merupakan rancangan penelitian yang akan di laksanakan beserta setting penelitiannya.
3. Contoh Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
1. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian Tindakan (Action Research) adalah penelitian yang menekankan kepada kegiatan (tindakan) dengan mengujicobakan suatu ide kedalam praktek atau nyata dalam skala (mikro) yang diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas Pelaksanaan Belajar Mengajar (PBM). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistic sehingga pelaksanaan penelitian ini diharapkan berjalan secara alamiah. Hal ini diterapkan oleh peneliti agar data yang diperoleh benar-benar merupakan implementasi dari keadaan yang sebenarnya selama penelitian berlangsung.
2. Proposal Penelitian Tindakan Kelas
Sebelum kita melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kita harus membuat proposal terlebih dahulu yang merupakan rancangan penelitian yang akan di laksanakan beserta setting penelitiannya.
3. Contoh Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Penerapan Model Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Penyerahan Pengiriman Produk Kelas XI PM 1 di SMK Negeri 2 Tegal Tahun Ajaran 2013/2014. Untuk melihat beberapa contoh PTK di SMK Negeri 2 Tegal KLIK DISINI
- Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Pelayanan Prima di Kelas X PM 2 SMK 2 Tegal.
- Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi (Studi Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Malang.
No comments:
Post a Comment