Tuesday 11 February 2014

Penelitian Tindakan Kelas


Sukses Penelitian Tindakan Kelas
Untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas diperlukan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan yang berkualitas, diharapkan peserta didik menjadi subjek yang semakin berperan menampilkan potensi dan keunggulan dirinya yang kreatif, mandiri dan profesional pada bidangnya masing-masing.
Peningkatan prestasi belajar siswa akan dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran dikelas. Perkembangan model pembelajaran terus mengalami perubahan. Metode pembelajaran tradisional yang masih terpusat pada guru sekarang mulai ditinggalkan berganti dengan model pembelajaran modern sejalan dengan  pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang sekarang banyak mendapat respon adalah model pembelajaran kooperatif atau (Cooperative Learning) . Suatu metode dikatakan efektif apabila prestasi belajar yang diinginkan dapat dicapai dengan menggunakan metode yang tepat artinya dengan menggunakan metode tertentu dapat menghasilkan prestasi belajar yang baik. Hasil pembelajaran yang baik harus menyeluruh artinya bukan hanya penguasaan aspek pengetahuan (kognitif) tetapi juga tampak dalam perubahan sikap dan tingkah laku. Perubahan ini harus dapat dilihat dan diamati , bersifat khusus dan operasional dalam arti mudah diukur. Untuk memecahkan masalah yang terjadi selama proses pembelajaran dan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar hasilnya (prestasi) siswa lebih baik kita bisa melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 
1. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas 
Penelitian Tindakan (Action Research) adalah penelitian yang menekankan kepada kegiatan (tindakan) dengan mengujicobakan suatu ide kedalam praktek atau nyata dalam skala (mikro) yang diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas Pelaksanaan Belajar Mengajar (PBM).  Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistic sehingga pelaksanaan penelitian ini diharapkan berjalan secara alamiah. Hal ini diterapkan oleh peneliti agar data yang diperoleh  benar-benar merupakan implementasi dari keadaan yang sebenarnya selama penelitian berlangsung.  
2.  Proposal Penelitian Tindakan Kelas
Sebelum kita melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kita harus membuat proposal terlebih dahulu yang merupakan rancangan penelitian yang akan di laksanakan beserta setting penelitiannya.
3. Contoh Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  • Penerapan Model Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Penyerahan Pengiriman Produk Kelas XI PM 1 di SMK Negeri 2 Tegal Tahun Ajaran 2013/2014. Untuk melihat beberapa contoh PTK di SMK Negeri 2 Tegal KLIK DISINI
  •  Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Pelayanan Prima di Kelas X PM 2 SMK 2 Tegal. 
  • Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi (Studi Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Malang.

No comments:

Post a Comment