Wednesday 12 February 2014

Modul Melakukan Prinsip Profesional Bekerja

Deskripsi Modul





Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT atas segala berkat, rahmat dan karunia-Nya sehingga Modul Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja dapat tersusun sebagai bahan pembelajaran di SMK Bisnis dan Manajemen.
Pendidikan Menengah Kejuruan berperan untuk menyiapkan peserta didik agar siap bekerja, baik secara mandiri (wiraswasta) maupun mengisi lowongan kerja yang ada. Oleh karena itu arah pengembangan Pendidikan Menengah Kejuruan diorientasikan pada pemenuhan permintaan kerja.

SMK merupakan salah satu institusi yang menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah, dituntut menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan Dunia Usaha atau Dunia Industri yang memiliki kompetensi dengan bidang pekerjaannya, memiliki adaptasi dan daya saing tinggi. Atas dasar itu pengembangan kurikulum dalam rangka penyempurnaan Pendidikan Menengah Kejuruan harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dunia kerja.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada perubahan tuntutan duniakerja terhadap SDM yang dibutuhkan. Karena itu pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) harus bisa mengakomodasikan dan mengantisipasi perkembangan teknologi.
Modul Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja terbagi menjadi lima bagian utama. Bagian pendahuluan menguraikan tentang deskripsi modul, prasyarat petunjuk penggunaan modul, tujuan yang diharapkan, Kompetensi dan cek kemampuan, bagian kedua membahas proses pembelajaran yang terdiri atas rencana belajar siswa dan kegiatan belajar. Kegiatan Belajar tersebut menguraikan tujuan kegiatan pembelajaran, uraian materi, tugas-tugas, tes formatif beserta kunci jawaban. Bagian ketiga dikaji tentangevaluasi yaitu untuk mengukur siswa/peserta didik tingkat kompetensi yang dikuasainya.
Materi Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja sangat perlu dipahami oleh siswa – siswi SMK. Dengan pemahaman tersebut diharapkan siswa kelak terjun di dunia usaha atau dunia industry akan dapat bekerja secara professional sesuai dengan kompetensinya.
Penulis menyadari bahwa modul ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu dengan kritik dan saran dari para pembaca kami akan berusaha melengkapi kekurangan modul ini.
Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyumbangkan pikiran sampai terselesaikannya Modul Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja.


                                                                                    Tegal, Juli 2013


                                                                                          Penulis
Peta Kedudukan Modul

Modul Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasi dan sebagai bagian dari rangkaian pembelajaran dari kompetensi-kompetensi yang lain.


 



















Keterangan :

121DKK1       : Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja
121DKK2       : Melaksanakan Komunikasi Bisnis
121DKK3       : Mengikuti Prosedur Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan
                          Lingkungan Hidup   
121KK01        : Memahami Prinsip – Prinsip Bisnis
121KK02        : Menata Produk
121KK03        : Melaksanakan Negosiasi
121KK04        : Melaksanakan Konfirmasi Keputusan Pelanggan
121KK05        : Melaksanakan Proses Administrasi Transaksi
121KK06        : Melakukan Penyerahan / Pengiriman Produk
121KK07        : Melaksanakan Penagihan Pembayaran
121KK08        : Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
121KK09        : Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan
121KK10        : Melaksanakan Pelayanan Prima (Service Excelen)
121KK11        : Membuka Usaha Eceran/Ritel (Expantion Store Retailing)
121KK12        : Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa



Glosarium

1.      APLI adalah organisasi para penjual langsung Indonesia (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia)
2.      Data adalah gambaran atau fakta yang secara relatif belum berarti bagi penerimanya.
3.      Dokumen adalah kumpulan data yang sudah terpilah-pilah menurut kelompok data
4.      Era global adalah
5.      Finished Goods adalah barang jadi
6.      Human Resources Development (HRD) adalah bagian pengembangan sumber daya manusia
7.      Independent adalah
8.      Job description adalah uraian singkat tentang tugas , kondisi pekerjaan, serta tuntutan yang diperlukan ketika menjabat suatu posisi.
9.      Kode etik yaitu norma atau azaz yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun tempat kerja.
10.  Konferhensip adalah meliputi kemampuan mengendalikan pelayanan, pemeliharaan lingkungan dan mempromosikan perusahaan sebagai bagian peningkatan pelayanan,
11.  Obyektivitas adalah
12.  Produc Knowledge adalah pengetahuan tentang suatu produk
13.  Profesional adalah bidang pekerjaan yang dilandasi keahlian tertentu.
14.  Profesionalisme adalah  mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau ciri orang yang professional
15.  Raw Material adalah bahan baku
16.  Toko online adalah tempat terjadinya aktivitas perdagangan atau jual beli barang atau jasa yang terhubung ke dalam suatu jaringan internet
17.  Vending Machine adalah alat penjual otomatis/mesin penjual otomatis
18.  WFDSA adalah Worl Federation of Direct Selling Association (Organisasi Penjual Langsung Seluruh Dunia)


BAB I
PENDAHULUAN

A. Deskripsi Modul
Modul menerapkan prinsip Profesional bekerja merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan sebagai bagian dari rangkaian pembelajaran dari kompetensi-kompetensi lainnya. Modul ini merupakan modul yang termasuk dalam kategori dasar kompetensi Kejuruan. Dalam pendidikan dan pelatihan Menerapkan Prinsip Profesonal Bekerja akan menuntun siswa menjadi karyawan atau pengusaha yang mempunyai rasa tanggung jawab industry terhadap lingkungan sekitar dan tidak merugikan masyarakat serta mampu bekerja secara professional, mampu menerapkan pedoman, prosedur dan aturan kerja yang berlaku, dapat mengelola informasi yang diperoleh untuk melaksanakan sebuah pekerjaan, mampu menyelesaikan pekerjaan dengan mempertimbangkan  keterbatasan waktu dan sumber daya serta  mampu mengelola kompetensi personal.

B. Prasyarat Mempelajari Modul
Menerapkan Prinsip-Prinsip Profesional Bekerja merupakan kompetensi yang diajarkan pada siswa sekolah kejuruan dan merupakan kelompok mata diklat Dasar Kejuruan. Untuk mempelajari kompetensi ini tidak perlu ada kompetensi lain yang harus dikuasai terlebih dahulu karena kompetensi ini bersifat mandiri.

C. Petunjuk Penggunaan Modul
Sebelum mempelajari modul ini perhatikan dan ikutilah petunjuk – petunjuk serta cara – cara mempelajarinya, baik oleh siswa maupun oleh guru atau fasilitator agar pembelajaran dapat berjalan sesuai prosedur yang ada pada petunjuk penggunaan modul ini.
1. Penjelasan bagi Siswa
a. Pelajari secara berurutan dari kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan kegiatan belajar 5
b.Persiapkan alat tulis dan bahan praktek yang diperlukan sesuai sub kompetensi yang dipelajari
c. Kerjakan tes formatifnya
d.                      Cocokan hasil jawaban dengan kunci jawaban (jangan melihat kunci jawaban sebelum selesai mengerjakan tes formatif) karena tujuan tes formatif ini untuk menguji sejauh mana tingkat penguasaan Anda atas kompetensi tersebut.
e. Apabila telah kompeten dengan memperoleh nilai minimal 7,50 lanjutkan ke kegiatan belajar berikutnya. Apabila belum memenuhi standar minimal 7,50 (tujuh koma lima puluh) maka harus mengulangi kegiatan belajar yang masih belum berhasil sampai memperoleh standar minimal yang ditentukan.
f. Setelah selesai mempelajari sub kompetensi 5 dan dinyatakan lulus dari semua sub kompetensi maka kerjakan evaluasinya. Tes evaluasi adalah tes untuk menguji kemampuan penguasaan siswa secara keseluruhan atas kompetensi Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja
g.Hasil jawaban evaluasi dicocokan dengan kunci jawaban evaluasi
h. Apabila ada hal yang kurang dimengerti tanyakan ke fasilitator atau guru.
2. Peran Fasilitator
a.       Membantu siswa dalam merencanakan proses pembelajaran
b.      Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahapan belajar
c.       Membantu siswa memahami konsep-konsep dan praktek baru dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses pembelajaran.
d.      Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar
e.       Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
f.       Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.
g.      Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya
h.      Melaksanakan penilaian
i.        Menjelaskan kepada siswa tentang sikap, pengetahuan dan ketrampilan dari suatu kompetensi yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya.
j.        Mencatat pencapaian kemajuan siswa
k.      Mengadakan remedial bagi siswa yang belum kompeten.

D. Tujuan Akhir
Tujuan akhir dari mempelajari modul ini adalah pencapaian kompetensi siswa dalam Membuka Usaha Eceran/Ritel sehinggga peserta didik mampu bersaing di dunia industri.
1. Kinerja yang Diharapkan
Kinerja yang diharapkan setelah mempelajari kompetensi ini adalah terbentuk kompetensi siswa dari segi pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam Menerapkan Prinsip-Prinsip Profesional Bekerja
2.      Kreteria Keberhasilan
Kreteria keberhasilan dalam penguasaan kompetensi ini diukur dari segi kuantitas dan kualitas. Dari segi kuantitas yaitu memperoleh nilai kompetensi siswa melalui angka yang diperolehnya, dan dari segi kualitas yaitu terbentuknya kompetensi siswa dari segi pengetahuan, sikap dan ketrampilan.

3.      Variabel dan Kreteria Keberhasilan
Siswa dinyatakan kompeten bila telah memperoleh batas minimal nilai 7,50 (tujuh koma nol-nol). Bila belum mencapai batas minimal tersebut siswa harus mengulang kembali. Kreteria dan variabel keberhasilan adalah sebagai berikut :
9, 00 – 10,00      = A : Kompetensi Istimewa
8, 00 – 8, 99       = B : Kompetensi Amat Baik
7, 50 – 7, 99       = C : Kompetensi Baik
         - 6, 99        = D : Belum kompeten
E. Cek Kemampuan

        Untuk mengukur kemampuan awal terhadap penguasaan kompetensi, maka jawablah pertanyaan berikut semampunya.
1.      Sebutkan arti pekerja professional dan berikan contohnya !
2.      Sebutkan cirri-ciri pekerja professional !
3.      Jelaskan keuntungan mempunyai penjual professional bagi perusahaan !
4.      Sebutkan fungsi dari kode etik profesi !
5.      Sebutkan beberapa permasalahan yang dapat dijadikan dasar mengapa pengemasan informasi itu penting !
6.      Sebutka tips agar bisa bekerja sesuai dengan skala prioritas !
7.      Berilah contoh kegiatan-kegiatan dalam rangka pengembangan professional kerja terhadap tenaga kerja dan pegawai !
8.      Sebutkan beberapa kompetensi teknis yang harus dikuasai pekerja !
9.      Sebutkan beberapa cara agar bisa lebih efisien mengatur waktu dan lebih produktif !
10.  Apakah yang disebut dengan kompetensi ?

  Untuk Download Modul Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja Klik Disini

No comments:

Post a Comment